30+ Contoh Form dan Dokumen Berguna untuk Karyawan Baru

Setelah melalui banyak proses rekrutmen yang diantaranya test tertulis dan wawancara, baik dengan user maupun dengan Anda sebagai bagian SDM, Anda akhirnya menemukan satu pelamar yang lulus semua kriteria.

Anda mungkin berpikir setelah semua usaha yang sulit, yang kadang-kadang akan sangat membosankan, bahwa prosesnya sudah selesai. Andai saja semuanya sesederhana itu bagi tim SDM. Itu hanya satu langkah dari proses rekrutmen. Penempatan dan pelatihan kepada karyawan baru adalah hal penting berikutnya. Ada banyak langkah yang terlibat dalam orientasi karyawan baru. Agar semuanya teratur dan “sesuai jalur,” ada baiknya Anda mempunyai panduan tertulis yang bisa digunakan sebagai referensi untuk karyawan baru.

Persiapan Orientasi

Sebelum Anda mengambil langkah lebih lanjut, yang baru harus berorientasi pada panduan tertulis prosedur dan kebijakan yang terkoordinasi yang dapat membantu karyawan menyesuaikan diri dengan perannya dalam hal sosialisasi dan tugas yang harus diselesaikan. Ini juga disebut sebagai “onboarding.”

Contoh Form Checklist Karyawan Baru

Untuk memastikan bahwa karyawan baru dapat mengambil manfaat dari proses ini, Anda harus membuat petunjuk tertulis untuk karyawan baru untuk menpercepat proses penyesuaian. Menggunakan form checklist karyawan baru akan memastikan bahwa setiap langkah penting diikuti dengan cermat yang akan berujung pada pencapaian tujuan dasar dengan perekrutan baru.

Checklist perekrutan baru dimulai bahkan sebelum karyawan baru Anda mulai bekerjaAda lebih banyak formulir checklist rekrutmen baru selain dari sekadar menetapkan dan mengikuti aturan. Desain cheecklist orientasi perekrutan baru yang dibuat dengan baik juga harus mempertimbangkan psikologis karyawan di mana semua hambatan yang mungkin terjadi dalam keberhasilannya diminimalisasi. Ketentuan semacam itu akan memastikan bahwa karyawan baru akan betah. Untuk pemilik perusahaan, proses dimulai bahkan sebelum hari pertama karyawan baru di tempat kerja.

Masa Persiapan Karyawan Baru

Memperkenalkan karyawan baru ke seluruh karyawan

Mengirim email baru kepada karyawan baru tentang penerimaannya merupakan awal yang baik. Komunikasi harus menguraikan hal-hal paling relevan yang perlu dia ketahui sebelum melaporkan untuk hari pertama.

Selain itu, karyawan baru juga harus menerima ikhtisar proses selanjutnya dalam daftar periksa perekrutan baru sehingga ia tahu apa yang diharapkan.

Melengkapi semua dokumen karyawan baru yang disyaratkan.

Langkah ini merupakan persyaratan untuk setiap karyawan baru yang bergabung untuk pertama kalinya. Tidak perlu memberikan tugas yang terlalu banyak di awal hari. Anda sudah dapat mengumpulkan sebagian besar dokumen dan akun sewa baru kemudian mengaturnya bahkan sebelum karyawan baru tiba di kantor.

Siapkan pelatihan karyawan baru dan semua komunikasi internal.

Setelah email selamat datang awal ke karyawan baru, email kedua harus diikuti yang akan berisi informasi tentang cara mengatur saluran untuk komunikasi internal.

Prosedur masuk sangat penting, dan Anda harus mengaturnya sebelum hari kerja resmi pertama karyawan. Ini akan memberi waktu bagi rekrutan baru Anda untuk membiasakan diri dengan semua program yang akan mereka ikuti. Termasuk dalam email adalah instruksi tentang cara mengakses portal pelatihan online perusahaan. Ini adalah metode yang sangat baik untuk melatih rekrutmen tentang proses, kebijakan, dan banyak lagi.

Siapkan alat kerja dan ruang kerja karyawan baru.

Setiap orang yang terlibat dengan posisi karyawan baru harus mendapatkan informasi mengenai entri karyawan dan tanggal mulai bekerja. Ini termasuk anggota tim dan departemen terkait lainnya. Biasanya merupakan bagian dari tugas penyelia untuk mendorong semua anggota tim lainnya untuk menyambut karyawan baru.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Seorang karyawan baru yang dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja akan menjadi karyawan yang lebih produktif. Ingatlah bahwa karyawan yang bahagia tidak akan memiliki alasan untuk mencari pekerjaan lain secara diam-diam dan oleh karena itu, sangat penting untuk membuatnya merasa aman dan nyaman, terutama pada beberapa hari pertama. Berikut adalah bagian-bagian penting dari checklist karyawan baru.

Outline Orientasi

Hampir semua karyawan baru akan menjalani program orientasi, juga disebut program induksi, untuk membuat mereka terbiasa dengan kebijakan dan prosedur perusahaan. Sifat program bervariasi dari perusahaan ke perusahaan. Tekankan elemen unik apa saja seperti pengenalan karyawan baru ke tim, tugas pekerjaannya, dan pelatihan. Simpan daftar periksa orientasi perekrutan baru untuk memastikan bahwa karyawan baru diberikan program induksi lengkap dan komprehensif.

Kontrak Kerja

Anda harus mengirim dokumen ini ke karyawan baru dengan tawaran pekerjaannya. Pastikan bahwa itu membawa tanda tangannya.

Persyaratan Perusahaan

Ada banyak dokumen dan formulir yang harus ditandatangani oleh karyawan baru sesuai dengan persyaratan perusahaan. Penting bagi karyawan baru untuk membaca semua dokumen ini sebelum menandatanganinya.

Lain-Lain

Akan selalu ada informasi yang Anda butuhkan untuk mengatasi yang tidak sesuai dengan elemen yang disebutkan di atas. Jadi, Anda dapat memasukkan semua informasi ini dalam satu grup untuk kepentingan karyawan.

Kompensasi dan Tunjangan

Topik ini biasanya dibahas selama proses perekrutan. Untuk membuat semuanya mengikat pada pekerjaan, ada dokumen yang harus ditandatangani oleh karyawan baru untuk menghindari miskomunikasi atau kebingungan tentang cakupan manfaat.

Informasi Pribadi

Merupakan prosedur standar bahwa karyawan baru harus memberikan informasi kontak jika terjadi keadaan darurat. Ada juga kebutuhan, jika berlaku, untuk informasi medis penting seperti preferensi makanan, alergi makanan, dan banyak lagi. Ulang tahun juga oke untuk menambahkan elemen pribadi ke hubungan profesional Anda.

Cara membuat daftar checklist karyawan baru

Checklist perekrutan baru sangat membantu karena akan memastikan bahwa tidak ada langkah penting dihilangkan ketika memperkenalkan karyawan baru ke kantor. Daftar periksa formulir rekrutmen yang baru menjadi lebih signifikan jika Anda baru mengenal SDM dan merekrut karyawan untuk pertama kalinya. Mungkin terlihat rumit sehingga untuk mempermudah, Anda selalu dapat mengunduh templat daftar periksa sewa baru ini secara gratis. Tetapi jika Anda ingin membuat daftar periksa sendiri, berikut adalah beberapa petunjuk untuk dipertimbangkan:

Untuk karyawan baru pertama Anda

  • Mintakan Nomor NPWP sebelum mempekerjakan karyawan pertama Anda karena Kantor Pajak mengharuskan ini untuk administrasi pajak. Pastikan untuk mendaftarkan bisnis Anda untuk pajak lokal dan negara bagian.
  • Asuransi kerja atau kesehatan adalah persyaratan bagi bisnis yang memiliki satu atau lebih karyawan baru untuk membeli asuransi kerja terutama untuk pekerjaan yang penuh resiko.
  • Buat Notifikasi kepada seluruh karyawan dan klien terkait. Hal ini penting untuk memastikan karyawan baru bisa dikenal sebagai bagian dari perusahaan secara resmi.
Posts created 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top